Jl Otto Iskandardinata Raya no. 149 08111894894 bbfbutchershop@gmail.com

Meat Shop

Bagian dagingBagian daging SapiBladeBrisketChuckSirloinTenderloin

Ketahui Bagian Daging Sapi dan Olahannya

Sebagian dari Anda tentu mengetahui bagian daging sapi dan olahannya karena untuk memasak daging dengan sempurna diperlukan informasi terkait hal tersebut. Namun ternyata tidak semua orang mengetahuinya. Nah jika Anda termasuk bagian dari mereka yang tidak mengetahui bagian-bagian daging sapi, maka lanjutkan membaca informasi berikut ini.

Alasan Perlunya Mengetahui Bagian Daging Sapi

Sebelum membahas lebih lanjut tentang bagian daging sapi dan olahannya, akan lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu tentang alasan perlunya mengetahui bagian-bagian dari daging sapi. Nah alasan utamanya adalah agar Anda bisa memaksimalkan manfaat tiap bagian dari daging sapi.

Kandungan Bagian Daging Sapi

Setiap bagian daging sapi memiliki kandungan yang berbeda. Teksturnya juga berbeda. Sehingga cara memasaknya pun juga berbeda. Jika salah memasak, kandungan daging sapi bisa-bisa berkurang dan manfaatnya menjadi tidak maksimal. Masakan pun menjadi tidak selezat yang dibayangkan. Langsung saja, berikut penjelasan tentang bagian-bagian daging sapi.

Bagian Daging Sapi dan Olahannya

1. Has dalam (tenderloin)

Bagian daging dapi yang pertama adalah daging sapi has dalam atau tenderloin. Bagian satu ini menjadi favorit karena merupakan bagian yang paling empuk dan mengandung sedikit lemak. Nah karena merupakan salah satu bagian terbaik, tenderloin biasanya dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Tenderloin sering dimasak atau diolah menjadi steak karena memang mudah empuk. Steal yang terbuat dari daging tenderloin biasanya dikenal dengan nama steak tenderloin yang harganya tentu mahal. Namun mahalnya sebenarnya setara dengan kualitas daging yang disajikan.

2. Has luar (sirloin)

Has luar merupakan bagian di luar atau di atas tenderloin. Perbedaanya dengan tenderloin bisa dilihat dari teksturnya. Sirloin memiliki tekstur yang agak keras karena memang memiliki otot. Sirloin juga termasuk salah satu bagian daging sapi terbaik, tapi harganya masih di bawah tenderloin.

Sirloin biasanya juga dimasak menjadi steak yang biasa disebut dengan steak sirloin. Selain itu sering pula dijadikan masakan Jepang yakiniku yaitu daging panggang atau daging bakar yang dimasak di atas bara api. Anda juga bisa menemukan irisan sirloin di sukiyaki dan shabu-shabu.

3. Sampil (blade)

Sampil merupakan daging sapi bagian punggung. Biasanya dipotong hingga bagian rusuk. Teksturnya termasuk kenyal dan memiliki cukup banyak lemak. Sampil dapat dimasak menjadi steak biasa disebut dengan Oyster Blade atau bisa juga dimasak yang tidak memerlukan waktu lama seperti dipanggang ataupun dibakar. Sampil terbagi ke beberapa bagian kecil seperti sampil kecil (oyster blade) yang berada di bagian bahu atas dan bawah berbentuk segi empat, seperti cangkang kerang dan memiliki tekstur yang cukup empuk dengan struktur serabut otot yang lurus, Kijen (chuck tender) dengan bentuk kerucut dan biasa terhubung dengan sengkel kembang bagian depan. tekstur dari bagian Kijen berdaging tebal dengan sedikit lapisan lemak di bagian luar. banyak orang yang tidak mengerti bagian ini, karena memang kurang popular. Sampil dapat digunakan sebagai bahan rendang, sup, dan oseng-oseng.

4. Lamusir (chuck)

Bagian daging sapi satu ini biasanya cukup tebal dan berwarna merah pekat. Lamusir diambil dari bagian leher hingga bahu sapi. Daging lamusir memiliki serabut otot dan sedikit lemak sehingga teksturnya kenyal. Namun meskipun kenyal lamusir banyak disukai karena kaya rasa. Daging lamusir akan sangat pas jika diolah menjadi rendang, tumis daging, dan sup daging.

5. Sandung lamur (brisket)

Sandung lamur merupakan salah satu bagian daging sapiyang cukup populer. Sandung lamur itu terletak di tubuh sapi bagian dada bawah hingga ketiak. Bagian ini tentunya mengandung banyak lemak. Anda bisa menemukan olahan sandung lamur di berbagai jenis masakan khas pulau Sumatra. Selain itu di luar negeri sandung lamur sering diolah menjadi smoked brisket dan bahan dasar kornet.

Nah itu tadi pembahasan tentang bagian daging sapi dan olahannya. Sebenarnya masih terdapat berbagai bagian seperti sengkel (shank), samcan (flank), tanjung, gandik, pendasar, penutup, kelapa, dan tetelan.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Outlet Locations

Visit Our Store

,

Contact Us

Talk to our sales team. We look forward to learn more about you, your business, and how we can help you creating a better beef eating experience.

email: bbfbutchershop@gmail.com

Call : +628 111 894 894

X
Call Now
Directions
%d bloggers like this: