Jl Otto Iskandardinata Raya no. 149 08111894894 bbfbutchershop@gmail.com

Meat Shop

Cara Mengolah Daging SapiUncategorized

Cara Memanggang Daging Sapi Agar Higienis

19. Cara Memanggang Daging Sapi Agar Higienis (2)

Apakah Anda suka mengkonsumsi olahan daging sapi? Seringkali penjual menawarkan makanan yang terbuat dari daging sapi di pasaran, baik tradisional maupun supermarket (modern). Apalagi kini olahan makanan tersebut dikemas dalam bentuk rapi, sehingga Anda bisa langsung memasaknya di rumah. Tetapi ingat pilih olahan makanan daging sapi yang benar-benar terjamin akan kualitasnya atau higienis.

Cara memanggang daging sapi tentu harus melibatkan suhu yang panas dan kering. Bahkan jika daging sapi berjumlah banyak dan memiliki tekstur tebal akan membutuhkan waktu lama. Tetapi sebetulnya dalam memanggang daging harus diolah secara tipis-tipis agar cepat dalam proses pemanggangan tersebut. Hal ini bertujuan agar daging tidak terasa alot saat disantap bersama sepiring nasi.

Pastikan sebelum memanggang Anda harus bisa memilih potongan daging tanpa lemak. Pilih bagian daging yang bewarna merah yang sudah pasti terasa empuk. Selain itu, perhatikan bumbu dalam pemanggangan daging sehingga menghasilkan kualitas rasa yang enak. Nah, berikut adalah tips mudah memanggang daging agar tetap higienis.

Cara Memanggang Daging Sapi

Ada baiknya, Anda memilih sumber pemanggangan yang baik supaya proses cepat dan tepat. Anda dapat menggunakan oven tradisional karena memiliki manfaat sirkulasi udara yang baik, sehingga kecepatan matang semakin meningkat. Namun Anda harus memperhatikan hal-hal seperti berikut ini dalam proses pemanggangan daging sapi.

  • Daging sapi harus dipaggang dalam suhu antara 60°C hingga 100°C. Upayakan daging yang memiliki lemak dipanggang dalam suhu rendah dengan waktu lebih lama. Tetapi daging tanpa lemak bisa menggunakan suhu tinggi supaya lebih cepat matang.
  • Pastikan daging dipanggang secara merata untuk menghindari permukaan yang gosong, serta bagian dalam daging yang kemungkinan masih mentah. Ingat jangan memanggang daging yang keluar langsung dari kulkas, karena membuat proses pemanggangan tidak matang sempurna.
  • Anda harus mencairkan daging beku guna menghindari bakteri yang menempel pada daging tersebut. Biarkan daging sapi mencapai suhu ruangan optimal sebelum masuk ke dalam oven pemanggangan.
  • Angkat daging sapi jika dirasa sudah matang. Jangan terburu untuk menyantap daging panggang dalam keadaan panas. Diamkan dahulu selama 10 menit untuk mengendurkan serat daging agar lebih nikmat.

Itulah cara memanggang daging sapi untuk tetap higienis. Tentunya Anda selalu menjaga kebersihan saat proses pemanggangan agar tidak ada kuman atau bakteri yang hinggap pada daging. Selamat memanggang.

Jenis Makanan Olahan Daging Sapi

Pada umumnya daging sapi diolah menjadi hidangan makanan pendamping nasi. Meskipun beberapa orang memanfaatkan daging sapi sebagai kerupuk kulit sapi. Sebetulnya ada banyak olahan daging ini untuk dikonsumsi agar bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Pastinya kandungan dan nilai gizi masih tetap ada di dalam makanan olahan. Berikut jenis makanan olahan yang terbuat dari daging sapi.

  • Bakso, yakni makanan khas Indonesia yang paling popular di masyarakat. Bakso dibuat dari campuran daging sapi giling dan sedikit tepung supaya mudah dibentuk. Proses pembuatan bakso sendiri, mulai dari memotong daging sapi, tahap penggilingan, penghalusan daging dan pencampuran daging dengan bahan pendukung lainnya. Barulah bakso dibentuk bulat atau seperti bola-bola sambil direbus hingga matang.
  • Kornet yang berasal dari daging sapi, tetapi diawetkan dalam bentuk makanan siap saji. Bahan kornet umumnya menggunakan potongan daging yang memiliki serat memanjang. Selain itu, ada juga sosis yang terbuat dari daging sapi cincang dicampur dengan jagung dan diawetkan dalam bentuk kemasan.
  • Steak, yakni potongan daging sapi yang besar untuk sajian makanan lezat. Biasanya steak dipotong tegak lurus sesuai fiber otot. Steak dipanggang untuk dijual di resto-resto mahal. Daging yang digunakan untuk steak adalah bagian dada yang mengandung serat.
  • Dendeng merupakan olahan daging yang dipotong secara tipis-tipis hingga berbentuk serpihan. Makanan olahan ini diberi bumbu lalu dikeringkan atau dijemur. Karena itulah, rasa daging dendeng terasa asin tetapi manis berkat bumbu olahan tersebut. Anda pun tak perlu menyimpan dendeng di dalam kulkas.

Mungkin itu saja makanan olahan daging sapi yang paling banyak ditawarkan para penjual di pasar. Semoga menjadi referensi Anda dalam memilih olahan daging sebagai teman makan nasi di rumah. Terima kasih.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Outlet Locations

Visit Our Store

,

Contact Us

Talk to our sales team. We look forward to learn more about you, your business, and how we can help you creating a better beef eating experience.

email: bbfbutchershop@gmail.com

Call : +628 111 894 894

X
Call Now
Directions
%d bloggers like this: